Asuransi apa yang tepat untuk Gen Z?

Generasi Z adalah nama mereka yang lahir pada tahun 1996-2015. Artinya banyak gen Z atau Z yang sudah memasuki usia produksi. Rata-rata, mereka bisa mendapatkan uang dari bisnis dan bekerja.

Di masa produktif ini, muncul pertanyaan: apakah Gen Z butuh asuransi?

Bicara soal asuransi, Gen Z yang memang sudah meraup untung dan produk keuangan sudah seharusnya sudah sadar akan pentingnya asuransi. Dengan asuransi yang tepat untuk Kalian, dan jika diperlukan, Kalian tidak hanya dapat masa depan keuangan Kalian, tetapi juga keluarga Kalian.

Namun banyak diantara mereka yang belumelindungi m mengetahui bagaimana cara memilih produk asuransi yang tepat untuk mereka. Berikut beberapa tips untuk membantu Kalian memilih produk asuransi yang tepat untuk gen ini.

1. Asuransi kesehatan

Kalian mungkin bertanya-tanya apakah BPJS Kesehatan saja tidak cukup? Jawabannya adalah tidak. Karena ada berbagai penyakit yang bisa kita obati lebih cepat dan efektif dengan asuransi kesehatan.

Selain itu, ada beberapa perusahaan asuransi kesehatan yang kini memiliki sistem reimbursement yang bisa diganti meski Kalian berada di rumah sakit atau sedang menjalani rawat jalan meski biayanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Nilai bonus ini berkisar dari Rs 80.000 hingga Rs 150.000 per bulan.

2. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi opsional bagi kebanyakan orang, terutama anggota keluarga yang menjadi tanggungan.

Bagi Kalian yang sudah berkeluarga atau sudah berkeluarga, alangkah baiknya memiliki asuransi jiwa yang akan melindungi keluarga Kalian dari risiko kerugian finansial jika terjadi sesuatu yang buruk pada Kalian.

Ketika Kalian mengikuti program asuransi jiwa, hidup Kalian menjadi lebih mudah dan terjamin, karena Kalian dan keluarga terlindungi dari konsekuensi risiko finansial yang mungkin muncul kapan saja, karena biaya kerugian dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kebijakan dan peraturan.

Premi asuransi jiwa rata-rata dimulai antara Rs 23.000 dan Rs 100.000 per bulan.

3. Asuransi investasi

Banyak yang mungkin belum familiar dengan produk asuransi unik yang satu ini. Dalam asuransi investasi merupakan produk asuransi jiwa dan juga investasi.

Dengan asuransi reksa dana, Kalian dapat menyimpan reksa dana Kalian dan keuntungannya akan tetap bagus untuk 5-10 tahun mendatang. Bacalah risikonya sebelum memilih asuransi ini. Premi asuransi kecuali asuransi jiwa mulai dari Rs 150.000 per bulan.

4. Asuransi mobil

Asuransi otomotif cocok untuk orang yang memiliki kendaraan pribadi seperti kendaraan bermotor atau motor.

Produk asuransi ini mencakup dua jenis asuransi. Pertama dan terpenting, ada semua risiko dalam perusahaan yang membayar untuk perbaikan mobil, dari hal-hal kecil (goresan dan penyok) hingga kerusakan serius seperti tabrakan dan pencurian.

Kemudian TLO kedua atau hanya kerugian total, di mana penanggung menanggung biaya hanya jika ada risiko dan jika ada kerugian kurang dari 75%.

5. Asuransi Covid-19

Jenis asuransi ini muncul seiring pandemi COVID-19 yang semakin mewabah, terutama di rumah. Produk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial jika Tertanggung terdiagnosis COVID-19 atau meninggal dunia akibat penyakit lain.

Kalian bisa mempertimbangkan asuransi ini. Apalagi jika Kalian bekerja di lingkungan yang risiko tertular COVID-19 tinggi.

 

Baca Juga : Keuntungan Memiliki Asuransi Yang Sangat Membantu